Minggu, 15 Maret 2015

Sistem Kerja Gardan

Kali ini saya akan berbagi sedikt pengetahuan saya tentang gardan(Differential ) dimana gardan merupakan salah satu komonen yang penting bagi kendaraan yang menggunakan roda belakang.

Gardan (Differential) adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda . untuk mengingatkan Anda , bahwa berputarannya roda berawal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Proses pembakaran inilah yang kemudian akan menggerakkan piston untuk bergerak naik turun, lalu gerak naik turun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol , gerak putar poros engkol ini akan diteruskan untuk memutar roda gila / flywheel, putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke as kopel lalu ke gardan, gardan akan meneruskan putaran ini ke as roda dan as roda akan memutar roda, sehingga kendaraan dapat berjalan. Jadi urutan perpindahan tenaga dan putaran berawal dari mesin hingga bisa sampai ke roda , sehingga kendaraan atau mobil dapat berjalan.

Adapun pungsi dari gardan (Differential) yaitu sebagaiberikut:

Merubah arah putaran mesin : Posisi mesin pada mobil truck atau khusunya mobil yang menggunakan as kopel, memiliki posisi mesin yang memanjang ke depan . Sehingga arah putaran dari roda gila jelas tidak searah dengan arah putaran roda. Maka gardan inilah yang membuat arah dari putaran mesin menjadi searah dengan arah putaran roda ( yaitu maju ke depan ).
Memperbesar momen : Tenaga putaran dari sebuah benda yang berputar. Putaran poros engkol mempunyai tenaga atau momen . Tenaga dari suatu benda yang berputar dengan cepat adalah kecil , sedangkan tenaga dari benda yang berputar lambat adalah besar. Seperti kita ketahui bahwa selambat – lambatnya mesin berputar memiliki kecepatan minimal 600 rpm. Maksudnya adalah dalam satu menit poros engkol berputar 600 kali. Sedangkan pada kecepatan tinggii memiliki kecepatan hingga 12.000 rpm , berarti poros engkol berputar 12.000 kali dalam 1 menit. Agar tenaga dari poros engkol ini menjadi besar , maka kecepatan putaran dari poros engkol ini harus diperlambat. Di sisnlah gardan memperlambat kecepatan putaran dari poros engkol tersebut, sehingga tenaga putar atau momen menjadi besar dan mobil dapat bergerak atau berjalan.
Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat membelok : Pada saat mobil berbelok , putaran roda bagian dalam cenderung lebih lambat daripada putaran roda bagian luar. Hal ini dimaksudkan agar mobil dapat berbelok dengan baik dan tidak slip. Jika kedua roda antara yang kiri dan kanan selalu sama, maka mobil tak akan membelok. Di sinilah gardan membuat putaran roda kiri dan kanan tidak sama , sehingga mobil dapat membelok dengan baik. 

kesimpulannya adalah gardan merupakan komponen yang penting karna suatu putaran roda berawal dari putaran mesin yang diteruskan ke tranmisi dan di sampaikan lagi kegardan barulah roda tersebut bisa berputar,

komponen – komponen utama gardan: 

Final gear : terdiri atas ring gear dan drive pinion .
Differential gear : terdiri atas pinion gear , side gear dan differential carrier.

itulah pungsi gardan pada kendaraan roda 4, semoga bisa bermanpaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...